masalafiyahpati@gmail.com (0295) 4150750

Mewujudkan Generasi Cerdas, Aktif, dan Kreatif, MA Salafiyah Gelar Classmeeting Virtual

Beranda >Berita >Mewujudkan Generasi Cerdas, Aktif, dan Kreatif, MA Salafiyah Gelar Classmeeting Virtual

Mewujudkan Generasi Cerdas, Aktif, dan Kreatif, MA Salafiyah Gelar Classmeeting Virtual


mewujudkan-generasi-cerdas-aktif-danvirtual.html

KAJEN, MASALAFIYAH – Pascapenilaian akhir semester gasal, MA Salafiyah mengadakan kegiatan classmeeting. Kali ini kegiatan dilaksanakan secara berbeda tidak seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Untuk menghindari penularan Virus Covid-19, di masa pandemi ini classmeeting dilangsungkan secara virtual atau daring.

Walaupun dilakukan secara virtual, Chairul Abrar selaku ketua panitia dan sekaligus guru MA Salafiyah menuturkan, bahwa cabang lomba yang dilangsungkan masih relevan dengan Program Jurusan maupun Kegiatan Ekstrakulikuler yang ada di MA Salafiyah, seperti pidato Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Bahasa Jawa, desain grafis, pencak silat pagar nusa, tilawatil Qur'an, dan lomba menulis artikel.

Kegiatan classmeeting yang berlangsung selama tiga hari Sabtu-Senin (19-21/12/2020), diikuti oleh setiap delegasi kelas yang ada di MA Salafiyah. Setiap peserta lomba mengirimkan hasil karyanya dengan bentuk file, foto, atau video sesuai tema yang telah ditentukan oleh panitia. Setelah itu hasil karyanya nanti dinilai oleh dewan guru yang telah ditunjuk menjadi juri lomba, kemudian untuk hasil pemenangnya sendiri diumumkan dan diunggah di akun YouTube MA Salafiyah.

Sementara itu selama lomba berlangsung, kegiatan classmeeting ini dapat sekaligus dijadikan ajang siswa dan guru untuk membangun komunikasi. Siswa dapat berkonsultasi dengan guru maupun wali kelas berkaitan dengan lomba yang diikutinya. Dewan guru juga bisa melakukan diskusi dalam satu kelompok MGMP atau sesama guru yang lainnya. Sehingga kegiatan ini dapat menjadikan civitas akademik bisa mewujudkan hubungan yang semakin akrab dan harmonis.

Abrar menjelaskan, selain menjadi agenda tahunan dalam rangka mengisi kegiatan pascapenilaian akhir semester, tujuan diadakan classmeeting kali ini adalah melatih siswa-siswi untuk berinovasi, berkreasi, mencari bakat dan potensi, membiasakan siswa agar mampu bersaing secara positif, serta menjunjung sportivitas sejak dini.

Lebih lanjut, Abrar mengharapkan kegiatan classmeeting tahun ini agar siswa-siswi walaupun dibatasi jarak karena pandemi, namun harus tetap bisa berkreasi dan menjadi generasi yang cerdas.

“Di masa pandemi memang anak-anak harus di rumah/pondok, tetapi bukan berarti kreativitas mereka terhenti. Berkarya dan belajar harus tetap berjalan, di manapun dan kapanpun. Sehingga anak-anak kita menjadi generasi  yang cerdas, aktif, dan kreatif,” jelas Abrar melalui pesan singkatnya di whatsapp.

(Muhammad Rizqi Ulayya/XE/MASLF)