masalafiyahpati@gmail.com (0295) 4150750

KH. M. Asmu'i Hasan Wafat, Salafiyah Kajen Kembali Berduka

Beranda >Berita >KH. M. Asmu'i Hasan Wafat, Salafiyah Kajen Kembali Berduka

KH. M. Asmu'i Hasan Wafat, Salafiyah Kajen Kembali Berduka


kh-m-asmu-i-hasan-wafat.html

SALAFIYAH - Kabar duka kembali menyelimuti keluarga besar madrasah Salafiyah Kajen. Baru sepekan lalu KH. Husein Abdul Jabbar wafat, Kamis (31/12/2020) pagi ini, KH. M. Asmu'i Hasan juga wafat.

Pemakaman dilaksanakan pada pukul 16.00 WIB di pemakaman umum desa Kajen.

KH. Asmu'i merupakan salah satu pengasuh Pondok Pesantren Assalafiyah Kajen, sekaligus anggota Dewan Pengawas Yayasan Salafiyah Kajen. 

Dalam kesehariannya, beliau mengajar di Madrasah Aliyah Salafiyah Kajenm pengampu mata pelajaran fiqih dan Ushul Fiqih. 

Keluarga besar Yayasan Salafiyah Kajen merasa kehilangan atas wafatnya KH. Asmu'i. Hal ini diungkapkan oleh Ubaidillah Wahab selaku Dewan Pembina Yayasan Salafiyah Kajen. 

"Semenjak menjadi menantu KH. Faqihuddin (putra KH. Baedlowi Sirodj pendiri Madrasah Salafiyah) di tahun 1993. Beliau ikut berjuang  dengan mengajar dan mengembangkan ilmu salaf di Madrasah Salafiyah sesuai latar belakang keilmuan yang dimiliki," ceritanya.

"KH. Asmu'i itu sosok Kiai sepuh yang memiliki semangat tinggi untuk mengajarkan pelajaran salaf (kitab Kuning) di pondok maupun di madrasah," imbuhnya.

Ubaidillah Wahab juga berharap, setelah wafatnya KH. Asmu'i akan ada generasi penerus yang melanjutkan perjuangannya, terutama di bidang kitab Kuning.

Selain itu, pemakaman yang dilaksanakan dengan menjalankan protokol kesehatan turut dihadiri oleh sesepuh kajen, dewan guru, alumni, dan masyarakat sekitar.

Zainal Abidin salah satu alumni pesantren Assalafiyah menyebut bahwa KH. Asmu'i merupakan sosok yang menjadi teladan bagi para santri.

“Beliau tidak hanya mengajarkan ilmu-ilmu keagamaan, namun juga mengamalkannya. Sehingga tindak-tanduk beliau benar-benar menjadi teladan bagi santri,” ujarnya. (Joko/MA Slf)