masalafiyahpati@gmail.com (0295) 4150750

TALK SHOW MA SALAFIYAH KAJEN: PEMUDA HARUS TETAP EKSIS, BERKREASI DAN BERINOVASI

Beranda >Berita >TALK SHOW MA SALAFIYAH KAJEN: PEMUDA HARUS TETAP EKSIS, BERKREASI DAN BERINOVASI

TALK SHOW MA SALAFIYAH KAJEN: PEMUDA HARUS TETAP EKSIS, BERKREASI DAN BERINOVASI


talk-show-ma-salafiyah-kajen-dan-berinovasi.html

KAJEN MASALAFIYAH – MA Salafiyah Kajen kembali menggelar acara virtual. Kali ini acara tersebut bertajuk Talk Show atau Gelar Wicara bertemakan “Eksistensi Pemuda dalam Perspektif Pendidikan, Seni Budaya, dan Kreativitas”. Acara ini terselenggara atas kerjasama @salafie.media dengan Keluarga Pelajar Salafiyah (KPS) dan Keluarga Pelajar Putri Salafiyah (KPPS). Bagi KPS dan KPPPS, kegiatan ini untuk yang pertama kalinya terselenggara secara virtual karena ada pandemi Covid-19 dan tidak memungkinkan kegiatan berlangsung untuk tatap muka seperti pada tahun-tahun sebelumnya.

“Kami mencoba mengadakan acara talk show yang dilakukan secara virtual, inovasi ini kami lakukan agar dapat tetap eksis dan menjadi wadah berkreasi bagi siswa siswi yang ada di MA Salafiyah Kajen,” ungkap Subhan Naim Ihsan.

Subhan yang termasuk salah satu pembina KPS dan KPPS juga menjelaskan, bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari KPS dan KPPS tahun 2020/2021. Kegiatan gelar wicara ini sendiri bertujuan memberikan bekal kepada siswa-siswi MA Salafiyah Kajen tentang peran pemuda yang harus tetap eksis, berkreasi dan berinovasi dalam bidang pendidikan, seni, dan budaya walaupun sekarang dalam keadaan pandemi. Lebih lanjut Subhan menjelaskan dengan berlangsungnya acara ini secara virtual dirasa tepat untuk menghadapi situasi pandemi sekarang, dimana akses tentang pendidikan, seni, dan budaya yang ditempuh seorang pelajar dalam menuntut ilmu sangat terbatas.

Gelar wicara yang berlangsung pada Kamis (21/1/2021) pukul 10.00 ini disiarkan secara live melalui akun media sosial Instagram @salafie.media. Acara ini dipandu oleh anggota KPS yaitu Amiril Achmed dan M. Irfan Shollahudin Aslam dengan menghadirkan narasumber Alumni 2019 yaitu Muhammad Azkal Fuadi. Narasumber acara ini tidak lain merupakan ketua KPS periode tahun 2018 yang saat ini sedang menempuh pendidikan strata satu di Universitas Indonesia.

Dalam Gelar wicara secara virtual ini para peserta kegiatan yang merupakan siswa-siswi MA Salafiyah Kajen dan juga followers akun instagram @salafie.media diberi kesempatan untuk bertanya seputar tema yang diangkat. Antusiasme siswa-siswi MA Salafiyah Kajen sangat tampak dalam mengikuti acara ini. Itu terbukti dari banyaknya siswa yang mengajukan pertanyaan, salah satunya atas nama akun Alifaa.rmdn_. Siswa yang memiliki akun tersebut menanyakan tentang bagaimana cara mengatur waktu belajar dalam situasi pandemi saat ini. Selanjutnya narasumberpun langsung meresponnya dengan jawaban setiap siswa di masa pandemi saat ini harus pintar mengatur waktu dengan cara membuat jadwal kegiatan yang dibuat perhari atau perminggu dengan cara skala prioritas.

“Kita sebagai pemuda/pelajar bagaimana cara mengatur waktu belajar daring yang terkadang bertabrakan kegiatan pondok?” Tanya akun Alifaa.rmdn_.

“Untuk adik-adik saat ini harus tetap semangat, baik saat belajar daring dan mengikuti kegiatan pondok, agar berimbang dan tidak memberatkan antara daring dan pondok kita bisa membuat jadwal kegiatan, bisa dibuat perhari atau bisa dibuat perminggu dengan cara skala prioritas,” jawab Azkal.

Sementara itu, dalam acara ini tanggapan positif lainnya juga datang dari siswa kelas XII yaitu Ulin Najib yang memberikan apresiasi terhadap terselenggaranya gelar wicara ini. Menurutnya, acara seperti ini perlu dilakukan kalau bisa sebulan sekali. Apalagi acara yang mendatangkan alumni yang berprestasi dan bisa mebahas profil perguruan tinggi sebagai bekal siswa-siswa yang saat ini masih duduk di kelas XII.

Dengan terselenggaranya gelar wicara ini, di akhir kegiatan Subhan mengungkapkan harapan-harapannya, bahwa kegiatan ini mudah-mudahan dapat memberikan motivasi serta menambah rasa semangat belajar siswa-siswi MA Salafiyah Kajen. Kegiatan ini juga menunjukkan bahwa kakak-kakak alumni MA Salafiyah Kajen banyak yang berprestasi serta dapat mengharumkan nama madrasah, sehingga siswa-siswi MA Salafiyah Kajen dapat mengambil pelajaran untuk dijadikan acuan dalam belajar serta meraih cita-cita.

[Helfa Nurunnajma dan Novi Ayuk K/MASLF]