masalafiyahpati@gmail.com (0295) 4150750

MGBK Pati Gelar Ekspo Kampus secara Virtual

Beranda >Berita >MGBK Pati Gelar Ekspo Kampus secara Virtual

MGBK Pati Gelar Ekspo Kampus secara Virtual


mgbk-pati-gelar-ekspo-kampus.html

Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) Kabupaten Pati menggelar ekspo kampus secara virtual yang bertema “Gerbang Menuju Cita-cita Anak Bangsa”, bertujuan untuk memfasilitasi siswa sekolah menengah atas sederajat yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi di tengah pandemi Covid-19.

Ekspo kampus ini diikuti 64 sekolah yang terdiri dari SMA/MA/SMK di Kabupaten Pati dan yang datang dari sekitar 80 perguruan tinggi dari seluruh Indonesia. Pusat kendali ekspo digelar di SMAN 3 Pati, dilaksanakan selama tiga hari, pada Jumat-Minggu (15-17/01/2021).

Guru BK MA Salafiyah, Luqman Hakim mengatakan, ekspo kampus ini bermanfaat untuk mengenalkan berbagai macam perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Selain itu, membantu siswa mengetahui mengenai persyaratan pendaftaran, jurusan, dan prospek kerja, serta jalur masuk yang diberikan.

“Siswa bisa menentukan memilih program studi dan perguruan tinggi yang diinginkan sesuai dengan kualitas akademiknya,” terangnya.

Lanjut Luqman, mengenai teknisnya, MGBK Kabupaten Pati bekerja sama dengan perguruan tinggi negeri dan swasta dari seluruh Indonesia, melalui pengajuan proposal kegiatan yang disetujui Diknas Pendidikan Pati. Adapun pelaksanaannya menggunakan Aplikasi Zoomyang  kemudian link Zoom dibagikan kepada seluruh peserta.

“Yang menjadi tugas host dan moderator sebagian besar dari guru BK yang tergabung MGBK dan kemudian masing-masing perwakilan dari perguruan tinggi masuk ke room yang sudah diatur,” katanya.

Sementara itu, Ahmad Nasa’i, peserta ekspo kampus yang merupakan siswa MA Salafiyah, motivasinya mengikuti ekspo karena ingin mencari informasi mengenai kampus yang akan dituju dan mengetahui cara pendaftaran serta jurusan yang ditawarkan.

“Kita dapat mengetahui profil singkat beberapa kampus dan beasiswa yang ada dalam suatu kampus,” katanya.

(Ghufron/MASlf)